West Papua Images

Polls

Will West Papua become a free and independenat nation?
 

Statistics

OS : Linux i
PHP : 5.6.38
MySQL : 5.5.60-0+deb7u1-log
Time : 11:10
Caching : Disabled
GZIP : Enabled
Members : 12969
Content : 1235
Web Links : 1
Content View Hits : 4185263
Siapa Yang Tahu Kuantitas Produksi PTFI? PDF Print E-mail
Written by Bintang papua   
Friday, 24 June 2011 21:57


JUBI --- Hingga kini pemerintah daerah Kabupaten Mimika sulit mendapatkan data informasi kuantitas produksi emas dan tembaga yang dilakukan oleh PT Freeport Indonesia  (PTFI) yang dieksport melalui pelabuhan Portsite, Amamapare Mimika.

Diungkapkan Kepala Dinas Pertambangan, Energi dan Mineral (Dinpertamben) Kabupaten Mimika, Philipus Kehek melalui salah satu stafnya di Timika, Senin (20/6). “Kami tidak tahu-menahu tentang jumlah produksi emas, tembaga atau lainnya oleh PTFI dalam satu hari secara benar. Sebab, selama ini kami tidak punya akses bebas ke dalam untuk mengawasi tingkat produksi perhari,” jelasnya.


Katanya, Pemerintah daerah Mimika pernah menempatkan dua tenaga karyawan untuk mengawasi aktivitas eksport di Pelabuhan portsite Amamapare. “Setelah kami tugasbelajarkan dua  pegawai staf, sayangnya, malah dua staff ini ditempatkan di posisi lain,” ujarnya.

Persoalan demikian, dampaknya menjadi kendala. Sebab petugas bagian eksport –import ke dalam maupun keluar negeri, tidak sembarang orang. “Petugas pegawai negeri sipil yang ditugaskan harus kantongi sertifikat pengawasan barang dan jasa di bidang ekspor atau impor,” ujarnya.

Akibatnya, kesulitan tersebut telah berdampak pada klarifikasi data hasil tambang tiap tahun. “Bagaimana mungkin kami sinkronisasi data hasil tambang dengan orang pusat  di Jakarta. Ini hanya permainan saja, karena orang pusat juga mendapat data produksi emas, tembaga dan lainnya hanya dari satu pihak yaitu PT Freeport sendiri,” jelasnya.

Dinas Pertamben menilai, hingga kini data produksi hanya dikeluarkan sepihak. “Model begini-kan tidak akurat. Kalau orang punya pikiran kotor, bisa saja orang memanipulasi data. Ambil banyak tapi bisa bilang sedikit,” ulasnya.

Jadi siapa yang tahu kuantitas produksi PTFI yang sebenarnya setiap tahun, selain PTFI sendiri? (Welly
 

Latest News

Warta Papua Barat, Papua Merdeka!; Contact Us